Sabtu, 06 Juni 2015

PENGEMBANGAN SISTEM

Tugas 6 Manajemen Sistem Informasi

Pendekatan sistem terdiri dari tiga fase yaitu persiapan, definition, dan solusi. Setiap fase terdapat urutan-urutan tahapan. Persiapan, terdiri dari pemahaman bahwa perusahaan merupakan suatu sistem, mengenali sistem lingkungan (sistem yang meliputi pihak diluar perusahaan yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi perusahaan), mengenal subsistem dari perusahaan. Definition, meliputi tindak lajutan dari sebuah level sistem ke level subsistem dan menganalisa bagian-bagian dari sistem di dalam urutan tertentu. Solution, mencari solusi alternative, mengevaluasi solusi alternative, memilih yang terbaik, dan kemudian diimplementasikan dan di ikuti untuk memastikan problemnya telah dipecahkan.
Jika pendekatan itu diaplikasikan ke dalam pengembangan sistem maka pendekatan tersebut disebut, system development life cycle / siklus hidup pengembangan sistem (SDLC). Pendekatan SDLC yang sekarang sedang terkenal adalah Phased Development. Hal ini berbasis ide sebuah project kemudian membaginya menjadi modul-modul dan analisis, desain, dan konstruksi awal  ditujukan kepada setiap modul. Modul-modul terintegrasi di dalam konstruksi akhir.
Pengembangan sistem  membutuhkan banyak biaya dan waktu sehingga harus diatur dengan baik seperti dengan mengaplikasikan project management tools seperti gantt chart, network diagrams, laporan eksekutif, manager dan developer yang didukung dengan teknologi untuk bisa terus dipantau.
Tujuan utama dalam project management adalah mengontrol biaya.


Mata Kuliah: MIS

Dosen: Dr. Ir. M. Dachyar M. Sc 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar